Ultah ke 48Thn di 2012

Lho, tahun kemarin kalau gak salah baru HUT ke-11 koq sekarang sudah ke-48? Tentu pertanyaan ini muncul di hati kita, apalagi kita tentu ingat baru tahun kemarin kita jalan sehat bersama muter-muter  candi golf sebagai HUT ke-11. Masih ingat, kan? Itu lho, saat ada senam bersama, juga ada bagi2 doorprize. Tapi koq sekarang sudah HUT ke-48 tahun? Begitu cepat umur Paroki kita bertambah. heheheh bukan begitu….

Memang tahun kemarin kita melaksanakan perayaan, tapi bukan HUT Paroki, namun HUT gereja. lho, beda apa lagi ini? hehehe Tenang….

Tahun 2000, diresmikan gedung gereja baru untuk warga Katolik di Paroki Karangpanas. Sekaligus dengan peresmian itu, ada pergantian nama pula, menjadi Paroki Athanasius Agung Karangpanas. Jadi 11 tahun itu bila dihitung dari pendirian gedung gereja yang besar ini.

Lha angka 48 tahun di dapat dari maan?

Bila kita telusuri sejarah, ternyata tgl 18 Agustus 1964 telah didirikan Yayasan Gereja Katolik dengan nama “PENGURUS GEREJA DAN PAPA MISKIN ROOM KATHOLIK DI WILAYAH GEREJA HATI YESUS YANG MAHA KUDUS DI KARANGPANAS SEMARANG”.

Maksud pendirian ini adalah memajukan kehidupan keagamaan di wilayah kegerejaan setempat dan mengatur dengan tetap pemeliharaan orang-orang miskin. Pada waktu itu ketuanya adalah pastor L Moerabi,  penulis: Lucas Sudjadi Tirtatjakra sedang anggota: Joseph Lim Eng Kim, Thomas Joseph Amat Atmasoeganda dan Alexius Joseph Suparman Prabasoesetya.

Maka semenjak tahun 1964 inilah sebetulnya telah hadir secara resmi yang disebut dengan “Paroki Karangpanas”

Oleh sebab itulah, mulai tahun ini kita bersama-sama hendak merayakan HUT yang ditandai dengan pendirian Paroki tersebut. Kalau kita rayakan hanya sejak tahun 2011, maka kita hanya merayakan ulang tahun bangunannnya doang, dong. Atau merayakan gedungnya saja. Namun bila hendak mensyukuri paguyuban umat Katolik, kita rayakan tgl 18 Agustus.

Posted in Sejarah Paroki and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *