Paduan Suara, Organis dan Pemazmur

Tim Kerja Paduan Suara, Organis dan Pemazmur adalah Tim Kerja yang mengurus beberapa hal agar misa dapat berlangsung dengan iringan lagu-lagu yang cocok bagi sebuah Misa yang Khidmat. Selian itu tentu saja menjadwal petugas-petugas Liturgi agar setiap misa ada petugasnya. Memang saat ini Misa Pagi belum ada Paduan Suara, dan hanya dilayani oleh Dirigen Umat.

I. Anggota-anggota Paduan Suara adalah:

1. Paduan Suara Lingkungan. Memang diakui bahwa tidak semua Lingkungan memiliki Paduan Suara. Ada juga beberapa Lingkungan yang bergabung menjadi satu Paduan Suara seperti misalnya Paduan Suara Tengger I dan Tengger II selalu tampil bersama atau bila pada saat Paska atau Natal Paduan Suara dari Wilayah yang merupakan gabungan beberapa Lingkungan.

2. Paduan Suara dari Sekolah-sekolah katolik yang ada di Paroki baik yang dari SD, SMP, SMA, ataupun ASM St Maria. Mungkin perlu juga digali apakah dari para Mahasiswa katolik juga ada yang mau tampil.

3. Paduan Suara Khusus: Ada kelompok yang menamakan diri St.Athanasius, Elisa Singers, Gema Serafim, La Palma, Kelompok 8, Ratu Rosary, Marta Maria, PS Gabungan dll.

4. Paduan Suara dari Kelompok-kelompok Kategorial seperti dari Kharismatik:PDKK Kristoforus atau Kelompok Doa lain yang bersedia

5. Paduan Suara Kelompok lain seperti Para Misdinar, atau Para Pemazmur atau Kaum Muda Katolik, bahkan Para anggota Panitia Paska pun pernah tampil sebagai Paduan Suara.

6. Paduan Suara dari Biara seperti Para Suster RS St.Elisabeth atau Para Frater Wisma Sanjaya Jangli, yang melakukan kegiatan berlatih koor dan tampil mengiringi Misa.

7. Paduan Suara Umat yang biasanya ke Misa Pagi dan menyebut diri sebaggai KOMIPA: Komunitas Misa Pagi.

Marilah bagi umat yang senang menyanyi dapat mendaftarkan diri juga sebagai kelompok Paduan Suara untuk mengiringi Misa di
Gereja St.Athanasius Agung Karangpanas.

II. Organis: Organis jelas adalah seorang yang ahli memainkan organ untuk mengiringi Paduan Suara. Biasanya kesulitan Organis adalah bila Paduan Suara minta ganti nada entah naik entah turun. Walaupun sekarang ada alat Transpose di organ yang modern, tapi belum tentu ada, ataupun untuk menentukan seberapa banyak nada melorot atau naik, sehingga bisa di transpose sesuai dengan nada baru Paduan Suara yang melorot. Maka Organis adalah memang mereka yang sudah punya keahlian memainkan organ dari rumah dan bersedia menjadi organis mengiringi Paduan Suara. Namun dari pihak Tim Kerja juga ada program yang melatih mereka yang sudah mahir secara awal bermain organ untuk dididik menjadi organis mengiringi Paduan Suara dengan lagu-lagu rohani. Biasanya mereka yang dari rumah sudah mahir, adalah mereka yang belajar lagu-lagu profan, atau lagu klasik dlsb dan bukan lagu rohani.

Maka bagi Β umat yang mahir bermain organ walaupun lagu profan, dapatlah mendaftarkan diri dan mendapat latihan dari Tim Ja Paduan Suara, Organis dan Pemazmur agar dapat mengiringi Paduan Suara dengan lagu-lagu rohani.

III. Pemazmur: Pemazmur adalah mereka yang melagukan ayat-ayat Kitab Suci saat Antar Bacaan dan juga Alleluia sebelum Injil. Bila Lektor itu membaca bacaan dari Kitab Suci, Pemazmur menyanyikannya. Ada pepatah Cantat Bis Orat: Menyanyi adalah dua kali lipatnya berdoa. Maka walaupun yang dinyanyikan oleh Pemazmur suatu ayat yang singkat tapi maknanya dua kali lipat berdoa.

Mereka yang menjadi pemazmur memang harus dilatih khusus karena bernyanyi solo/tunggal di mimbar dengan menggunakan mike, tentu suatu yang tidak sederhana. Latihan suara yang lantang,, berartikulasi jelas, dan tidak fals, serta latihan posisi mulut yang tepat di depan mike agar dapat memanfaatkan loudspeaker secara optimal agar dapat dinikmati oleh umat yang sedang ikut misa.

Latihan-latihan dilakukan bersama TimJa Paduan Suara, Organis dan Pemazmur. Selain latihan itu, memang bagi yang yang baru juga akan dilatih soal berpakaian, karena Pemazmur harus berpakaian liturgis yaitu Alba dan mengikat dengan singel yang kalau tidak tahu caranya bisa tidak benar. Pemazmur juga harus masuk bersama Romo dari Sakristi.

Bagi yang berminat sebagai Pemazmur yang mempunyai bakat menyanyi, maka silahkan mendaftarkan diri dan diuji kemampuannya. Bila lulus dapatlah bertugas sebagai Pemazmur.

Ign.S.Suhendra

Ketua Tim Ja Paduan Suara, Organis dan Pemazmur

Mbak Rosa Simone Ketua Tim Ja.

 

 

 

Posted in Bidang Liturgi, Paduan Suara, Pemazmur dan Organis and tagged , , .

5 Comments

  1. Mohon info bagaimana untuk bergabung dengan salah satu kelompok paduan suara khusus, khususnya paduan suara orang-orang muda?
    terimakasih
    Berkah Dalem..

  2. semoga timja ini semakin berkembang dan semakin banyak pihak yang mau terlibat dalam mengembangkan paroki terutama di bidang ini..
    foto fotonya koq cuma sedikit yes.. ayo meriahkan website ini… berkah dalem. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *