“TERPUJILAH ENGKAU DI ANTARA WANITA”

HARI RAYA MARIA DIANGKAT KE SURGA

INTISARI BACAAN

  1. Perempuan yang berselubungkan matahari dengan mahkota dari 12 bintang di atas kepalanya bisa kita mengerti sebagai lambang dari Bunda Maria. ( Wahyu 11 )
  2. Pengajaran Paulus tentang akhir jaman, ketika Yesus, Anak Maria, akan menyerahkan Kerajaan kepada Bapa ( 1 Korintus 15 )
  3. Maria yang membawa Kristus dalam kandungannya, mengunjungi Elizabeth. Elizabeth berseru: “Siapakah aku ini, sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” ( Lukas 1 )

BAHAN REFLEKSI PRIBADI

  1. Apakah doaku hanyalah menjadi ungkapan perasaanku? Atau apakah doaku sungguh menjadi perayaan dan pengakuan akan tindakan Tuhan padaku?
  2. Maria ditampilkan sebagai orang yang percaya akan sabda Tuhan. Berapakah waktu yang kusediakan untuk mendengarkan sabda Tuhan?
  3. Apakah hidup doaku dijiwai oleh sabda Tuhan ( Doa Alkitabiah ), sebagaimana halnya doa Bunda Maria dalam injil hari ini? Atau apakah doaku hanyalah sebuah devosi aliran kata-kata tanpa henti yang tiada arti –  kering-jenuh-membosankan?
  4. Adakah aku menerima bahwa doa alkitabiah ( doa yang dijiwai oleh Kitab Suci ) adalah doa yang membawa aku ke pengalaman hidup rohani yang amat dalam, seperti dicontohkan oleh Bunda Maria?
  5. Apakah anda mengamini “Magnificat” yaitu kebahagiaan karena memberi, sukacita karena kemurahan hati dan rela kehilangan untuk menemukan makna kehidupan?
Posted in Arsip Homili, Inspirasi Iman, Katekese Iman Katolik, Renungan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *