MENJADI TERANG BAGI SESAMA

Intisari Bacaan Minggu Ini

  1. Allah telah memanggil orang pilihan-Nya sejak semula dan mengutusnya untuk menjadi terang, pembawa keselamatan. (Bacaan I – Kitab Yesaya)
  2. Yohanes Pembaptis diutus Allah untuk menyiapkan jalan bagi Yesus, Sang Mesias yang membawa keselamatan bagi manusia. (Bacaan II – Kisah Para Rasul)
  3. Kelahiran Yohanes Pembaptis membawa sukacita dan pengharapan besar akan karya Allah bagi manusia. (Bacaan Injil – Lukas)

 

Bahan Refleksi Pribadi

  1. Manakah ayat yang mengesan bagiku dalam bacaan-bacaan Kitab Suci hari ini?
  2. Apa arti “kelahiran” bagiku?
  3. Apakah jawabku atas pertanyaan: “orang macam apakah aku sekarang ini?” dan “menjadi orang macam apakah aku kelak?”

 

Katekismus Gereja Katolik

523 Yohanes Pembaptis adalah perintis Tuhan yang langsung; ia diutus untuk menyiapkan jalan bagi-Nya. Sebagai “nabi Allah yang mahatinggi” (Luk 1:76) Ia menonjol di antara semua nabi. Ia adalah yang terakhir dari mereka dan sejak itu Kerajaan Allah diberitakan. Ia sudah bersorak gembira dalam rahim ibunya mengenai kedatangan Kristus dan mendapat kegembiraannya sebagai “sahabat mempelai” (Yoh 3:29), yang ia lukiskan sebagai “Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yoh 1:29). Ia mendahului Yesus “dalam roh dan kuasa Elia” (Luk 1:17) dan memberikan kesaksian untuk Dia melalui khotbahnya, pembaptisan pertobatan, dan akhirnya melalui mati syahidnya.

Posted in Arsip Homili, Inspirasi Iman, Katekese Iman Katolik, Renungan, Teks Misa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *