TERBUKA PADA SEMUA ORANG YANG BERKEHENDAK BAIK

Intisari Bacaan Minggu Ini:

  1. Yosua meminta Musa untuk melarang dua orang tua yang menerima Roh Allah, tetapi Musa justru mengharapkan semakin banyak orang menerima Roh Allah dan menjadi nabi. (Bacaan I – Bilangan)
  2. Rasul Yakobus menegur orang-orang kaya yang tidak berbelas kasih kepada sesama dan mengajak mereka untuk bertobat. (Bacaan II – Yakobus)
  3. Yesus mengajak para murid untuk terbuka dan bekerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik. (Bacaan Injil – Markus)

Bahan Refleksi Pribadi:

  1. Manakah ayat yang mengesan bagiku dalam bacaan-bacaan Kitab Suci hari ini?
  2. Apakah aku percaya ada kebaikan dalam diri orang/kelompok lain di sekitarku?
  3. Apakah aku aku pernah bekerjasama dengan orang dari agama, budaya, latarbelakang ekonomi-sosial-politik yang berbeda?
  4. Apa yang aku alami dan rasakan dari pengalaman itu?
  5. Apa usahaku untuk semakin mampu membangun keterbukaan dan kerjasama dengan orang lain demi kebaikan hidup bersama?

Katekismus Gereja Katolik:

2846 Di dalam doa Bapa Kami, kita memohon Bapa kita, supaya jangan “masukkan” kita ke dalam percobaan. Tidaklah mudah untuk mengungkapkan dalam satu kata ungkapan Yunani yang kira-kira berarti “janganlah membiarkan kami masuk ke dalam percobaan” (Mat 26:41). atau “janganlah kami dikalahkan olehnya”. “Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun” (Yak 1:13); Ia malahan lebih banyak hendak membebaskan kita darinya. Kita mohon kepada-Nya, supaya jangan membiarkan kita berjalan di jalan yang menuju dosa. Kita berada dalam perjuangan “antara daging dan roh”. Demikianlah permohonan Bapa Kami ini memohon roh pembedaan dan kekuatan.

2847 Roh Kudus menyanggupkan kita membeda-bedakan antara percobaan, yang memang perlu sebagai “masa percobaan” penuh harapan (Rm 5:3-5) demi pertumbuhan manusia batin (Luk 8:13-15; Kis 14:22; 2 Tim 3:12), dan godaan yang membawa dosa dan kematian (Yak 1:14-15). Kita juga harus membeda-bedakan antara “digoda” dan “menyetujui godaan”. Selanjutnya anugerah pembedaan membuka kedok penipuan godaan: kelihatannya benda itu indah, menarik, dan “sedap” (Kej 3:6), tetapi pada hakikatnya ia menggiring menuju kematian.

2848 Supaya dapat melawan godaan, dibutuhkan satu keputusan hati. “Karena di mana hartamu, di situ juga hatimu… Tidak ada seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan” (Mat 6:21.24). “Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” (Gal 5:25). Dalam “persetujuan” ini kepada Roh Kudus, Bapa memberi kita kekuatan. “Percobaan yang kamu alami adalah percobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya (1 Kor 10:13).

Sharing Iman: www.sabda.org

Pada tahun 2006, ketika mempromosikan film Rocky Balboa, Sylvester Stallone mengejutkan orang-orang kristiani dengan apa yang diungkapkannya. Ia mengatakan bahwa imannya kepada Yesus Kristus tidak hanya mempengaruhi penulisan film Rocky-nya yang pertama, tetapi bahwa keputusannya untuk menciptakan film yang terakhir diilhami oleh masuknya ia kembali ke dalam kekristenan. Sebagai bagian dari perubahan itu, Stallone menyadari bahwa dulu pilihan buruk telah menuntun hidupnya, yaitu percaya pada kemampuan diri sendiri. Ia berkata, “Kita memerlukan keahlian dan bimbingan orang lain.” Stallone belajar suatu hal yang mulai diakui oleh banyak orang: kita semua membutuhkan Allah dan orang-orang lain.

Sikap saling menolong dapat menguatkan kita, tetapi individualisme dan percaya pada kemampuan diri sendiri itu berbahaya serta melemahkan. Allah menciptakan kita untuk hadir satu sama lain. Marilah dengan penuh gairah kita bergantung kepada kuasa-Nya dan menerima bantuan orang-orang lain.

Posted in Arsip Homili, Inspirasi Iman, Katekese Iman Katolik, Renungan, Teks Misa and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *