logo karangpanas

Gereja St. Athanasius Agung
Paroki Karangpanas

Jl. Dr. Wahidin 108 Semarang

Paroki KarangpanaS

Misa Online

Senin-Sabtu 05.30 WIB
Minggu 08.30 WIB

Puncta

Puncta hari ini
Membaca adalah jiwa

Berita Paroki

Berita paroki Karangpanas terbaru

Warta Paroki

Warta Paroki Terbaru
Klik disini

Video Komsos

Subscribe channel YouTube Komsos Karangpanas

Kolekte

Link donasi dan kolekte
Klik disini

gereja lama

narahubung

(024) 8312595

+62 812-1620-3348

WARTA PAROKI

PUNCTA

Puncta Sabtu, 25 Juli 2020

Selamat pagi ☕ “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.” <Mat 20:20-28>

Selengkapnya »

Puncta Kamis, 23 Juli 2020

Selamat pagi 🌻 “Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar

Selengkapnya »

Penolong yg lain

Tentang “Penolong yg lain” dlm Yoh 14:16

Tanya: Salam
para pengasuh katolisitas.
Saya mohon bantuan penjelasannya tentang maksud Sabda Yesus dalam Yohanes 14:16. Di situ, Yesus menyebut kata “seorang”… apa maksud kata ini? Mengapa lalu diterapkan untuk “Roh Kudus”? Umat Islam menganggap bahwa ayat itu menunjuk pada kedatangan nabi Muhammad. Mohon penjelasan dan tanggapannya. TK.

Jawab: Menurut Kitab Suci bahasa Indonesia LAI, Yoh 14:16-17 Yesus mengatakan, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Sedangkan menurut bahasa Inggris (Douay Rheims), ”And I will ask the Father: and He shall give you another Paraclete (allos parakletos, in Greek), that He may abide with you for ever: The Spirit of truth, whom the world cannot receive, because it seeth Him not, nor knoweth Him. But you shall know Him; because He shall abide with you and shall be in you.” (Jn 14:16)

Ayat Yoh 14:16 tidak mengacu kepada seorang manusia, tetapi kepada Roh Kudus, karena:

1. Ayat Yoh 14:16, tidak dapat dipisahkan dari ayat ke-17 dan ayat-ayat lainnya dalam Kitab Suci, yang jelas menghubungkan makna ayat ini dengan Roh Kudus, Roh Kebenaran yang diutus oleh Allah Bapa dan Allah Putera (lih. 14:26; 15:26; 16:7). Maka Sang Penolong dan Penghibur itu tidak mengacu kepada manusia, tetapi kepada Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah sendiri yang dapat menyertai para murid Kristus selama-lamanya. Sebab tidak ada manusia yang dapat “menyertai selama- lamanya”, hanya Tuhan saja yg mampu menyertai selama-lamanya, dan hanya Tuhan saja yg bisa menyertai dan diam di dalam diri murid- murid Kristus.

2. Perlu juga dilihat asal katanya dalam bahasa Yunani, allos parakletos, yang juga tidak mengacu kepada kata “seorang”, sebab allos itu artinya “satu yang lain/another/else“, hanya saja, kata itu kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘seorang’. Di sini terlihat adanya keterbatasan bahasa terjemahan, yang tidak secara persis mengartikan kata yang dimaksud, yaitu another Paraclete/allos parakletos tersebut.

Kesimpulan:

Yoh 14:16-17 tidak pernah menubuatkan nabi Muhammad tetapi menunjuk kepada Roh Kudus yang akan menyertai dunia selama-lamanya. Hal itu jelas dinyatakan dalam peristiwa Pentakosta saat Roh Kudus dicurahkan dan selanjutnya membimbing para rasul dan Gereja mewartakan Kabar Gembira ke seluruh penjuru dunia hingga kini dan nanti.

dikutip dan diedit dari katolisitas.org

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.