Tentang Epifania (Penampakan Tuhan)

Manakah yang benar, Epifani dikaitkan dengan kunjungan tiga Raja kepada Yesus, atau dikaitkan dengan pembaptisan Yesus? Bukankah kedua peristiwa itu jauh terpisah, mengapa dirayakan bersama?

Bertrandus Rubi.

Kita harus mengetahui dulu apa arti Epifania. Kata ini diterjemahkan sebagai penampakan Tuhan, artinya bahwa peristiwa yang terjadi mengungkapkan keilahian Yesus Kristus, bahwa Yesus adalah Allah. Pengungkapan keilahian ini terjadi pada beberapa peristiwa, bukan hanya satu peristiwa saja. Karena itu, kedua peristiwa yang Anda rujuk memang dikaitkan dengan pengungkapan keilahian Yesus, bahkan juga ada perkawinan di Kana yang mengungkapkan keilahian Yesus.

Pertama, Epifania diungkapkan dalam kunjungan para Majus atau sering disebut tiga Raja, yaitu melalui persembahan yang mereka bawa, yaitu dupa sebagai persembahan untuk menghormati Allah (Mat 1:11).

Kedua, penampakan keilahian Yesus muncul dalam pembaptisan Yesus di Sungai Yordan, yaitu dalam kata-kata yang terdengar di langit: ”Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” (Luk 3:22; Mat 3:17; Mrk 1:11; Luk 9:35).

Ketiga, perkawinan di Kana (Yoh 2:1-11) yang mengungkapkan keilahian Kristus lewat mukjizat yang pertama.

Sudah sejak abad IV, pesta Epifania dikaitkan dengan empat peristiwa, yaitu kelahiran Kristus, sembah sujud orang Majus, pembaptisan-Nya, dan perkawinan di Kana.

Dr. Petrus Maria Handoko, CM

*Dikutip dari Majalah HIDUP online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.