PEKAN DOA SEDUNIA DAN HARI MINGGU HAK KAS 2014

Para Romo dan kawan-kawan Umat Beriman ytk.,

Sebagaimana sudah lebih dari satu abad terjadi (sejak 1908), setiap tanggal 18-25 Januari ditetapkan oleh Dewan Kepausan untuk Ekuene di Vatikan dalam kerja sama dengan Persekutuan Gereja-Gereja Sedunia di Geneva sebagai Pekan Doa Sedunia bagi Umat Kristiani (PDS).

Selama lima tahun terakhir, kami – Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (KOM HAK KAS) – mengangkat momen ini sebagai kesempatan untuk secara intensif merajut dialog ekumene dan interreligius. Itulah sebabnya, kami selalu menerbitkan brosus PDS) yang kami olah dari bahan-bahan yang dikeluarkan oleh sinergi-kolaboratif Vatikan-Geneva. Kami selenggarakan pula Ibadat Ekumene dalam rangka PDS tersebut dalam kerja sama dengan Gereja-Gereja Kristen.

Dalam rangka PDS 2014 ini, akan terjadi sekurang-kurangnya empatĀ  kali Ibadat Ekumene (1) di Gereja Gereformed Semarang, tanggal 20 Januari – pkl 18.00 – selesai; (2) di Gereja Pelayanan Penyembahan Karismatik Bunga Bakung Surakarta – pkl 17.00 – selesai; (3) di Gereja Katolik Tegalrejo – Salatiga; dan (4) di Gereja St. Fransiskus Xaverius Kebon Dalem Semarang – pkl 18.00 -selesai.

[Sejauh ini belum ada informasi dari Yogyakarta dan Kedu – barangkali ada yang bisa memberikan informasi tentang ini?]

DI antara rentang PDS 18-25 Januari selalu ada hari Minggu. Sejak tahun 2011, Kom HAK KAS menyerukan agar Hari Minggu dalam rentang 18-25 Januari tersebut dijadikan sebagai Hari Doa bagi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan dalam rangka kerukunan dan persaudaraan sejati, melalui Surat Edaran yang kami sebarkan kala itu – saat KAS berada dalam dispoisi Tahta Lowong.

Sejak kehadiran Mgr. Johannes Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang, beliau berkenan menerbitkan Surat Gembala Hari Minggu HAK KAS per tahun 2012. Surat Gembala didistribusikan ke Paroki-Paroki dan Komunitas untuk diwartakan kepada umat beriman.

Tahun 2014 ini, Hari Minggu HAK KAS kita laksanakan pada tanggal 19 Januari 2014, maka, Surat Gembala dapat diwartakan pada tanggal 18-19 Januari 2014.

Berikut kami lampirkan:

(1) Brosur PDS 2014
(2) Boolklet PDS 2014
(3) Surat Gembala Hari Minggu HAK KAS baik edisi Words maupun PDF.
(4) Contoh Panduan Ibadat Ekumene – bisa disesuaikan dengan kondisi setempat (Paroki, Rayon, atau Kevikepan masing-masing).

Semoga bermanfaat. Mari beriman cerdas-tangguh dan misioner demi terbangunnya persaudaraan sejati bersama dengan semua orang yang berkehendak baik atau bahkan yang tidak berkehendak baik sekalipun demi kemuliaan Tuan.

[P.S. :
1. Khusus Paroki-Paroki dan Komunitas-Komunitas se-KAS, brosur, booklet PDS dan Surat Gembala sudah dikirim melalui Pos dan Kurir.
2. Yth. Pater Markus Solo, SVD di Vatikan, mohon berkenan menyampaikan files and berkas tersebut kepada Sekretariat Dewan Kepausan untuk Ekumene yang kantor berdampingan dengan Pater]

Salam hormat dan doa,

Berkah Dalem

Aloys Budi Purnomo, PR
(ketua komisi hak KAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.