“Tuhan, ke manakah Engkau pergi?” (15 April 2014)

petrus-apakah-engkau-mengasihi-aku-yoh

Yoh 13:21-33.36-38

Simon Petrus berkata kepada Yesus: “Tuhan, ke manakah Engkau pergi?” Jawab Yesus: “Ke tempat Aku pergi, engkau tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku.”

Dengan Minggu Palma, kita memasuki Minggu Suci atau Minggu sengsara. Tuhan kita Yesus Kristus semakin mendekati sengsara dan wafat-Nya. Ia pun sudah terang-terangan “berpamitan” untuk pergi menapaki jalan salib-Nya. Dengan cara inilah, Ia membuka jalan ke surga bagi kita. Saat ini, kita memang belum bisa mengikuti-Nya ke sana. Namun kelak, kalau saat kita masing-masing sudah tiba, Yesus akan menjemput dan membawa kita ke tempat Dia bertahta untuk selama-lamanya (bdk. Yoh 14:1-3). Seperti Petrus dan kawan-kawannya pada waktu itu, sekarang kita diberi-Nya tempat dan tugas perutusan di dunia ini di mana dengan melaksanakan tugas pekerjaan kita sehari-hari, sebenarnya kita tidak semata-mata melakukan pekerjaan-pekerjaan duniawi saja. Tugas dan pekerjaan apa pun yang kita lakukan adalah sarana bagi kita untuk mengambil bagian dalam karya Tuhan. Kita bekerja bersama-sama dengan-Nya untuk menata dan melestarikan alam semesta serta untuk melayani dan mengasihi sesama. Tentu, tidak selalu jalan yang kita lewati itu serba enak. Ada kalanya kita harus menempuh jalan salib, jalan derita dan sengsara bersama Yesus. Namun, dengan cara ini pula kita pun mengikuti-Nya untuk merintis jalan ke surga.

Doa: Tuhan, melalui sengsara, wafat dan kebangkitan-Mu, Engkau menyediakan tempat kediaman abadi bersama-Mu bagi kami. Bantulah kami untuk dengan tekun dan setia merintis jalan ke sana melalui tugas dan pekerjaan kami sehari-hari. Amin. -agawpr-

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.