“Jangan Takut” (21 April 2014)

Prayer

Matius 28:8-15

Kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.” (Mat 28:10)

Bagi para murid, Galilea bukanlah tempat yang asing. Di sana terdapat sebuah danau, di mana sebelum menjadi rasul, sebagian dari mereka (Petrus, Andreas, Yohanes, Yakobus) setiap hari bekerja untuk menangkap ikan. Jadi, Galilea merupakan tempat hidup sehari-hari para murid. Di tempat itulah, dulu Yesus menjumpai dan memanggil mereka untuk mengikuti-Nya. Kemudian, di sekitar tempat itu pula, mereka hidup bersama Yesus dan mendengarkan ajaran-ajaran-Nya. Kini, setelah mereka melanglang buana sampai di Yerusalem, akhirnya Yesus yang bangkit meminta mereka untuk kembali ke Galilea. Di sanalah mereka akan berjumpa dengan Yesus yang bangkit. Dengan demikian, Galilea merupakan tempat di mana para murid senantiasa berjumpa dan bersama-sama dengan Yesus, baik sebelum maupun sesudah wafat dan kebangkitan-Nya. Karena sebelum mengenal Yesus, Galiela merupakan tempat hidup sehari-hari bagi para murid, maka dapat disimpulkan bahwa Yesus menjumpai, mengajar dan mengutus para murid dalam peristiwa hidup sehari-hari mereka. Hal yang sama juga berlaku bagi kita. Kita pun dapat berjumpa dengan Yesus dan selalu bersama-sama dengan-Nya dalam setiap peristiwa hidup sehari-hari kita. Apalagi, dengan kebangkitan-Nya, Yesus tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga kapan pun dan di mana pun, Ia selalu menyertai dan bersama-sama dengan kita. Memang, Gereja, kapel, kapel adorasi, tempat ziarah, dan tempat-tempat suci lainnya, merupakan tempat yang istimewa bagi kita untuk berjumpa dengan Tuhan. Namun, dalam hidup sehari-hari kita juga dapat berjumpa dengan Tuhan, di mana pun dan kapan pun. Dalam diri sesama, terutama mereka yang kecil, lemah, miskin dan menderita, kita juga berjumpa dengan Tuhan dan dapat melakukan pengabdian serta pelayanan kepada-Nya.

Doa: Tuhan, jadikanlah aku semakin peka akan kehadiran-Mu dalam hidupku sehari-hari dan dalam diri sesamaku agar di mana pun berada, aku dapat memuliakan, mengabdi dan melayani-Mu. Amin. -agawpr-

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.