“Roh kebenaran bersaksi tentang Yesus.” (26 Mei 2014)

pojok-doa1Bacaan Injil. Yoh. 15:26-16:4a:
26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.” 1 “Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (16-4b) “Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,

Renungan:
Suatu kali saya membaca tulisan tentang suatu kelompok masyarakat yang radikal. Kelompok ini (maaf) menghabisi semua yang bertentangan bahkan sekedar mengkritiknya. Penculikan, penganiayaan bahkan pembunuhan pun syah bagi mereka. Bahkan dikatakan bahwa membunuh itu kenikmatan.
Selesai membaca itu aku terdiam. Batinku berkata, “Sekejam itukah jaman ini? Ini tantangan kemanusiaan yang selayaknya menggugah hati setiap umat manusia.” Namun tampaknya kejadian seperti ini telah dilihat oleh Yesus. “Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah” (Yoh 16:2).
Siapa pun dari kita dipanggil untuk menampilkan dan membela kasih Allah. Allah tidak menghendaki manusia saling membunuh. Allah menghendaki manusia saling menolong dan menghibur dan memberikan kesaksian hidup tentang pertolongan dan penghiburan Allah melalui PuteraNya, “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku” (Yoh 15:26-27).

Doa Perutusan:
Ya Tuhan sudilah Engkau menemani orang2 yang menghadirkan perdamaian, meneguhkan mereka yang suka menolong dan menghidupkan penghiburan bagi yang berduka. Aku akan melakukan panggilanku untuk bersaksi atas pertolongan, penghiburan dan kebenaranMu. Amin -nasp-

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.