logo karangpanas

Gereja St. Athanasius Agung
Paroki Karangpanas

Jl. Dr. Wahidin 108 Semarang

Paroki KarangpanaS

Misa Online

Senin-Sabtu 05.30 WIB
Minggu 08.30 WIB

Puncta

Puncta hari ini
Membaca adalah jiwa

Berita Paroki

Berita paroki Karangpanas terbaru

Warta Paroki

Warta Paroki Terbaru
Klik disini

Video Komsos

Subscribe channel YouTube Komsos Karangpanas

Kolekte

Link donasi dan kolekte
Klik disini

gereja lama

narahubung

(024) 8312595

+62 812-1620-3348

WARTA PAROKI

PUNCTA

Puncta Selasa, 30 November 2021

“Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” <Mat 4:18-22> Setiap orang yang dibaptis khususnya, mempunyai tanggungjawab untuk menjadi murid-Nya

Selengkapnya »

“Barangsiapa marah terhadap saudaranya, harus dihukum.”(12 Juni 2014)

pojok-doa1Mat. 5:20-26
20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. 23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, 24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. 25 Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. 26 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

Renungan
Setiap orang pasti pernah marah. Namun ada orang yang gampang marah, ada yang kadang2 marah dan ada pula yang jarang sekali marah namun kala marah semua orang bisa langsung ketakutan. Rasa marah kadang menggoda kita kala keinginan kita tidak terpenuhi. Amarah bisa dipicu oleh perkara kecil sampai perkara besar. Entah dari mulai canda saling meledek sampai perkara yang menyangkut harkat martabat manusia.
Dalam sabdanya Yesus mengatakan, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum” (Mat 5:22). Mereka yang marah pada saudaranya harus dihukum. Yang mengatakan kafir harus dihadapkan ke Mahkamah Agama. Tindakan marah membawa konsekuensi hukum, dan penghakiman “kafir” membawa konsekuensi hukum yang lebih tinggi.
Amarah sebenarnya membawa konsekuensi hukum pada diri sendiri. Umumnya setelah marah seseorang akan menerima hukuman diri yaitu entah rasa lelah, menyesal telah marah dan mungkin juga sedih kenapa kita marah. Maka marilah kita tidak gampang tergoda marah.

Doa
Tuhan ajarilah aku untuk sabar. Engkau begitu sabar menghadapi kami yang seringkali tidak patuh padaMu. Bahkan ketika kami mengumpatMu, Engkau segera mengampuni kami. Kala kami menyesal Engkau segera memeluk kami. Jadikanlah hatiku seperti hatiMu. Amin.

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.