“Setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik”(25 Juni 2014)

pojok-doa1Matius (7:15-20)
Dalam khotbah di bukit Yesus berkata, “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan
Sejak awal mula penciptaan, kita diciptakan dengan amat baik (bdk. Kej 1:31). Maka, kalau dikaitkan dengan analogi pohon, kita semua diciptakan sebagai pohon yang baik dan tentu saja berasal dari benih yang baik, yakni dari Tuhan sendiri. Logikanya, kita akan selalu menghasilkan buah yang baik. Namun, realitanya sering/kadang lain. Kadang buah yang kita hasilkan dalam pikiran, perasaan, keinginan, perkataan, sikap dan perbuatan justru tidak baik. Mengapa? Mungkin karena kita kurang merawat diri kita sehingga menjadi seperti pohon yang tidak dirawat dan tidak mampu menghasilkan buah yang baik. Maka, kita harus tekun merawat diri kita. Memupuk dan menyiraminya dengan doa, sabda Tuhan, Ekaristi, bacaan rohani, dll. Menyiangi dan memberantas hama yang menyerang, yakni aneka godaan roh jahat, dengan tekun melakukan penelitian batin dan menerima sakramen tobat. Melalui cara-cara ini, kita berusaha memelihara dan mempertahankan kondisi baik yang kita terima sejak penciptaan dan sekaligus menanggulangi diri dari berbagai macam hama yang mengganggu. Dengan demikian, kita dimampukan untuk selalu menghasilkan buah yabg baik dalam pikiran, perasaan, keinginan, perkataan, sikap dan perbuatan.

Doa
Tuhan, bantulah kami untuk selalu menjadi pohon yang baik sehingga mampu menghasilkan buah-buah yang baik dalam pikiran, perasaan, keinginan, perkataan, sikap dan perbuatan kami. Amin.

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.