logo karangpanas

Gereja St. Athanasius Agung
Paroki Karangpanas

Jl. Dr. Wahidin 108 Semarang

Paroki KarangpanaS

Jadwal Misa

Harian:
Senin-Sabtu 05.30 WIB (online)
Mingguan:
Sabtu sore 17.30 WIB
Minggu pagi 1 06.00 WIB
Minggu pagi 2 08.30 WIB (online)
Minggu sore 17.30 WIB

Puncta

Puncta hari ini
Membaca adalah jiwa

Berita Paroki

Berita paroki Karangpanas terbaru

Warta Paroki

Warta Paroki Terbaru
Klik disini

Video Komsos

Subscribe channel YouTube Komsos Karangpanas

Kolekte

Link donasi dan kolekte
Klik disini

gereja lama

narahubung

(024) 8312595

+62 812-1620-3348

WARTA PAROKI

PUNCTA

Berjaga-jagalah Senantiasa!

IMG_0699Katekese tentang Masa Adven

  • Adven berasal dari bhs. Latin yaitu Adventus = kedatangan. Ada 2 tujuan Adven. Pertama, mempersiapkan Hari Raya Natal. Kedua, untuk mengarahkan hati, supaya umat dg penuh harapan menantikan Tuhan pd akhir zaman.
  • Secara teologis, Adven mengingatkan akan dimensi historis-sakramental keselamatan Allah. Tuhan yg dinantikan adalah Tuhan yg konkret dlm sejarah hidup manusia. Dengan Adven, Gereja diingatkan untuk senantiasa berjaga-jaga menyongsong kehadiran Tuhan dlm suasana penuh harapan, pertobatan & kegembiraan.
  • Selama masa Adven, kita diajak untuk menghayati keutamaan-keutamaan kristiani. Semangat dasar yg dihayati selama masa Adven adalah pengharapan, takwa dalam iman, bertobat dan berpaling kepada Allah, berjaga-jaga, kemurnian hati & hormat akan martabat sesama. Semangat dasar itu ditampilkan oleh tokoh-tokoh Kitab Suci spt Yesaya, Yohanes Pembaptis, Bunda Maria & Bapa Yosef.
  • Masa Adven terdiri dari 4 minggu. Selanjutnya, 4 minggu itu dibagi dalam 2 bagian yaitu bagian pertama adalah Minggu Adven I sampai tgl 16 Desember sebagai Adven eskatologis (= akhir zaman). Bagian kedua adalah dari tgl 17 Des-24 Des sebagai Adven natalis (=kelahiran).
  • Perlengkapan khas yg digunakan sepanjang masa Adven adalah korona Adven yg dirangkai daun-daun hijau. Lilin dinyalakan bertahap dari minggu ke minggu.
  • Sepanjang masa Adven, dpt dilaksanakan aneka kegiatan baik yang sifatnya pewartaan-peribadatan (misalnya: pertemuan Adven lingkungan, sambut sakramen tobat, ziarah) maupun sosial (peduli KLMTD). ***d2t

Tema Adven 2014: Kelahiran Yesus Meningkatkan Kecerdasan, Ketangguhan dan Semangat Misioner dalam Beriman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.