Berjaga-jagalah Senantiasa!

IMG_0699Katekese tentang Masa Adven

  • Adven berasal dari bhs. Latin yaitu Adventus = kedatangan. Ada 2 tujuan Adven. Pertama, mempersiapkan Hari Raya Natal. Kedua, untuk mengarahkan hati, supaya umat dg penuh harapan menantikan Tuhan pd akhir zaman.
  • Secara teologis, Adven mengingatkan akan dimensi historis-sakramental keselamatan Allah. Tuhan yg dinantikan adalah Tuhan yg konkret dlm sejarah hidup manusia. Dengan Adven, Gereja diingatkan untuk senantiasa berjaga-jaga menyongsong kehadiran Tuhan dlm suasana penuh harapan, pertobatan & kegembiraan.
  • Selama masa Adven, kita diajak untuk menghayati keutamaan-keutamaan kristiani. Semangat dasar yg dihayati selama masa Adven adalah pengharapan, takwa dalam iman, bertobat dan berpaling kepada Allah, berjaga-jaga, kemurnian hati & hormat akan martabat sesama. Semangat dasar itu ditampilkan oleh tokoh-tokoh Kitab Suci spt Yesaya, Yohanes Pembaptis, Bunda Maria & Bapa Yosef.
  • Masa Adven terdiri dari 4 minggu. Selanjutnya, 4 minggu itu dibagi dalam 2 bagian yaitu bagian pertama adalah Minggu Adven I sampai tgl 16 Desember sebagai Adven eskatologis (= akhir zaman). Bagian kedua adalah dari tgl 17 Des-24 Des sebagai Adven natalis (=kelahiran).
  • Perlengkapan khas yg digunakan sepanjang masa Adven adalah korona Adven yg dirangkai daun-daun hijau. Lilin dinyalakan bertahap dari minggu ke minggu.
  • Sepanjang masa Adven, dpt dilaksanakan aneka kegiatan baik yang sifatnya pewartaan-peribadatan (misalnya: pertemuan Adven lingkungan, sambut sakramen tobat, ziarah) maupun sosial (peduli KLMTD). ***d2t

Tema Adven 2014: Kelahiran Yesus Meningkatkan Kecerdasan, Ketangguhan dan Semangat Misioner dalam Beriman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.