“Melihat orang banyak itu, tergerak hati Yesus oleh belas kasihan.”(06 Desember 2014)

Screen Shot 2014-05-29 at 8.57.28 AMDoa Pagi
Kami memuji-Mu, ya Tuhan dan mengasihi-Mu dengan segenap hati. Kami bersyukur karena Engkau telah menciptakan kami, menjadikan kami beriman Katolik dan melindungi kami malam tadi. Kami serahkan kepada-Mu seluruh kegiatan kami sepanjang hari ini, semoga semuanya terjadi sesuai dengan kehendak-Mu dan demi kemuliaan-Mu yang lebih besar. Lindungilah kami dari segala dosa dan bebaskanlah kami dari segala yang jahat. Semoga berkat-Mu senantiasa menyertai kami dan orang-orang yang kami kasihi. Amin.

Injil Mat. 9:35 – 10:1,6-8.
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” … Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan
“Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.”
Mewartakan Kerajaan Allah adalah tugas kita semua. Caranya adalah seperti yang disebut oleh Yesus ketika mengutus para murid. Mungkin kita bukan dokter yang bisa menyembuhkan penyakit, tetapi kerendahan hati kita untuk memohon maaf mampu menyembuhkan sakit hati seorang teman atau tetangga. Memang kita tidak bisa membangkitkan orang mati, tetapi kehadiran dan kata-kata peneguhan serta penghiburan kita, mampu membangkitkan semangat dan gairah hidup orang lain yang sudah/nyaris mati. Mungkin kita juga tidak bisa mentahirkan orang kusta yang karena penyakitnya selalu dikucilkan, tetapi kehadiran kita untuk menerima mereka yang disingkirkan oleh masyarakat, mampu memberi harapan bagi mereka. Mungkin kita juga tidak mempunyai karunia exorsisme, namun dalam nama Tuhan, kita mampu mengusir setan dan segala karya-karyanya, sesuai dengan janji baptis kita. Dengan cara-cara demikian itulah, kita secara nyata dan aktual memberitakan dan menghadirkan Kerajaan Allah.

Doa
Tuhan, jadikanlah kami pewarta dan saksi akan kehadiran dan kedekatan-Mu dengan kami. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.