Tahukah Anda?

kioiu

Apa itu Hukum Kanonik?

Hukum Kanonik adalah kumpulan resmi hukum Gereja, yang terdapat dalam Kitab Hukum Kanonik. Berdasarkan Dekrit “Gratian” no 1140, Hukum Kanonik disebarluaskan pada tahun 1917 oleh Paus Benediktus XV. Pada tahun 1983, Paus Yohanes Paulus II menerbitkan Kitab Hukum Kanonik yang baru.

Apa itu Imprimatur?

Imprimatur adalah ijin dari Uskup untuk menerbitkan sebuah buku tentang iman atau moral. Hukum Kanonik menetapkan jenis-jenis buku yang memerlukan imprimatur. Biasanya, untuk buku-buku resmi yang mengandung ajaran iman Katolik, selain harus ada imprimatur juga harus ada nihil obstat. Artinya, buku tsb. bisa dicetak karena tidak ada hal-hal yang berlawanan dg ajaran resmi Gereja Katolik.

Apa itu Magisterium?

Magisterium adalah Wewenang Mengajar Gereja, yang wewenangnya dijalankan dalam nama Yesus Kristus. Paus dan para uskup mengajar dalam persekutuan dengan-Nya dengan menafsirkan Sabda Tuhan secara otentik, baik yang tertulis maupun yang diwariskan, melestarikan serta menjelaskannya dengan setia di bawah bimbingan Roh Kudus. (2032-2034)

A fonte puro pura defluit aqua: Air jernih keluar dari mata air yang jernih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.