“Para murid melihat Yesus berjalan di atas air.”(18 April 2015)

Yohanes (6:16-21)
“Para murid melihat Yesus berjalan di atas air.”
Setelah mempergandakan roti dan memberi makan lima ribu orang, Yesus mengundurkan diri ke gunung. Ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, sedang laut bergelora karena angin kencang. Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. Tetapi Yesus berkata kepada mereka, “Ini Aku, jangan takut!” Mereka lalu mempersilahkan Yesus naik ke perahu, dan seketika itu juga perahu mereka sampai ke pantai yang mereka tuju.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan
Suatu kali mungkin kita pernah mengalami situasi sulit dalam hidup kita. Kesulitan-kesulitan itu bisa menyangkut soal ekonomi, budaya, politik, agama dll. Ada sebuah contoh seseorang mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Saat itu dia sama sekali tidak mempunyai cadangan uang untuk menebus dari rumah sakit. Keluarganya berkumpul membicarakan aneka kemungkinan, sampai kemungkinan menggadaikan sertifikat tanah. Pada saat itu datang tamu. Mendengar kondisi tersebut ia meminjamkan uang tanpa bunga untuk biaya rumah sakit.
Para murid menghadapi taufan di tengah danau. Mereka sibuk mengatur langkah kapal agar tidak karam. Di tengah ketidakpastian akan selamat dari taufan itu Yesus datang dan menyelamatkan mereka.
Hidup tidak pernah buntu sama sekali. Selalu ada jalan untuk lepas dari aneka macam kesulitan. Usaha dan harapan kita kadang diuji dengan situasi sulit tersebut. Ketika kita tekun berusaha dan mempunyai harapan yang kuat, pertolongan akan datang membebaskan kita.

Kontemplasi
Bayangkan kisah dalam Injil Yoh. 6:16-21. Bandingkan dengan pengalamanmu ketika mengalami kesulitan.

Refleksi
Apa yang akan kaulakukan ketika kesulitan menghimpitmu?

Doa
Tuhan semoga aku tekun dalam usaha dan kuat dalam pengharapan ketika kesulitan menerpa hidupku. Amin.

Perutusan
Aku akan tetap berusaha mengatasi kesulitanku.

Sumber : www.doakatolik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.