“Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” (24 Agustus 2015)

Yohanes (1:45-51)
“Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”
Sekali peristiwa Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam Kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.” Kata Natanael kepadanya, “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” Kata Filipus kepadanya, Mari dan lihatlah!” Melihat Natanael datang kepada-Nya, Yesus berkata tentang dia, “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada Yesus, “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya, “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya, “Karena Aku berkata kepadamu ‘Aku melihat engkau di bawah pohon ara’, maka engkau percaya? Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan engkau lihat!” Lalu kata Yesus kepadanya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan
Kita senang berjumpa dengan orang yang jujur dan tidak ada kepalsuan hidup. Yesus pun demikian. Yesus berjumpa dengan Bartolomeus dan memujinya, karena ia seorang Israel sejati dan tidak ada kepalsuan pada dirinya. Yesus melihat ketulusan hatinya. Yesus tidak hanya memujinya, tetapi juga menjanjikan bahwa ia akan melihat kemuliaan Allah. Dan memang, ketika meninggal, Bartolomeus memandang kemuliaan Allah.

Semua kita akan melihat kemuliaan Allah ketika mati dalam Tuhan. Kita akan melihat malaikat-malaikat Allah mendatangi kita, menjemput kita dan menghantar kita ke pangkuan Bapa di surga. Yesus menjanjikan hal ini kepada siapa saja yang hidup jujur, tulus hati, dan tidak ada kepalsuan seperti Bartolomeus. Namun, kita tahu, tak mudah hidup seperti itu. Kita perlu bantuan rahmat Tuhan.

 Doa
Allah Bapa, Raja Mahamulia, penyelamat manusia, teguhkanlah iman di dalam diri kami. Dengan iman Rasul Bartolomeus sudah terpaut pada Kristus dengan hati tulus ikhlas. Semoga berkat doanya Gereja-Mu menjadi tanda dan saluran keselamatan untuk segala bangsa. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.
Sumber : www.renunganpagi.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.