Doa untuk Bumi Kita

Allah yang Mahaagung, Engkau hadir di segenap alam raya. Engkau hadir pula di setiap jengkal hidup makhluk yang Kaucipta. Engkau memeluk semua yang ada dengan kelembutan jiwa. Maka, ya Allahku, taburilah kami dengan daya cintaMu, penuhilah kami pula dengan damaiMu, agar kami mampu memelihara indahnya kehidupan, agar kami bisa erat bersaudara, tidak saling menabur luka dan duka.

Allah kaum papa, tolonglah kami untuk menyelamatkan mereka yang tersisih dan terlupa, karena di mataMu mereka juga begitu berharga. Sembuhkanlah hidup kami,supaya kami dapat sungguh melindungi bumi ini, bukan malah menjarahnya.

Kuatkanlah kami agar dapat menaburkan keindahan, bukan polusi dan kerusakan.

Sentuhlah hati mereka yang merugikan orang miskin dan papa, dan yang merusak bumi demi keuntungan semata.

Ajarilah kami menemukan makna dari setiap hal yang ada, agar jiwa kami dipenuhi rasa terpesona, sehingga mampu menghormati ciptaanMu.

Ajarilah kami agar kami lebih mampu memahami makna kebersatuan kami dengan setiap ciptaan terutama dalam pejiarahan bersama menuju cahayaMu yang abadi.

Kami bersyukur kepadaMu karena Engkau berkenan bersama kami setiap hari, dan karena itu ya Allahku, kuatkanlah kami dalam perjuangan mewujudkan keadilan, cinta dan damai di bumi. Terpujilah Engkau ya Allah.

Amin.

 

Disadur dari doa Paus Fransiskus “Doa untuk Penyelamatan Bumi” 1 September 2015

Berdasarkan Ensiklik Laudato Si, 18 Juni 2015

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.