logo karangpanas

Gereja St. Athanasius Agung
Paroki Karangpanas

Jl. Dr. Wahidin 108 Semarang

Paroki KarangpanaS

Misa Online

Senin-Sabtu 05.30 WIB
Minggu 08.30 WIB

Puncta

Puncta hari ini
Membaca adalah jiwa

Berita Paroki

Berita paroki Karangpanas terbaru

Warta Paroki

Warta Paroki Terbaru
Klik disini

Video Komsos

Subscribe channel YouTube Komsos Karangpanas

Kolekte

Link donasi dan kolekte
Klik disini

gereja lama

narahubung

(024) 8312595

+62 812-1620-3348

WARTA PAROKI

PUNCTA

Puncta Sabtu, 25 Juli 2020

Selamat pagi ☕ “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.” <Mat 20:20-28>

Selengkapnya »

Puncta Kamis, 23 Juli 2020

Selamat pagi 🌻 “Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar

Selengkapnya »

Sabda Hidup: Senin, 13 Juni 2016

Pesta St. Antonius dr Padua

warna liturgi Putih

Bacaan

1Raj. 21:1-16; Mzm. 5:2-3,5-6,7; Mat. 5:38-42. BcO Ezr. 1:1-8; 2:68-3:8

Bacaan Injil: Mat. 5:38-42.

38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Renungan:

BANYAK cerita kriminal dilatarbelakangi oleh balas dendam. Seorang pemuda yang cintanya ditolak dendam pada gadis idamannya lalu memperkosa bahkan membunuhnya. Seorang yang merasa telah dipermalukan lalu dendam dan bertindak jahat pada yang mempermalukannya. Dendam membawa seseorang pada dosa dan kejahatan.

Yesus menghentikan semangat dendam. Ia mengajarkan, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu” (Mat 5:39). Yesus mengajar para murid untuk tidak membalas kejahatan orang.

Ketika dunia diliputi oleh dorongan dendam maka konflik destruktif akan selalu mengintip. Tidak ada yang bisa mencegah hal tersebut, kecuali diri sendiri. Mereka yang mampu menghapuskan semangat dendam adalah mereka yang mampu menjaga kehidupan dari konflik destruktif. Maka marilah kita membangun gerakan anti dendam. Kita bangun semangat pengampunan.

Kontemplasi:

Bayangkan dirimu lagi merasa dilukai oleh orang lain. Rasakan bara amarah dalam dirimu. Lalu hadirkan Tuhan yang berkata padamu seperti tertulis dalam Injil Mat. 5:38-42.

Refleksi:

Apa yang perlu kita lakukan agar tidak ada dendam dalam diri kita?

Doa:

Tuhan kuakui memang tidak mudah memberikan pipi kiri ketika pipi kananku ditampar. Ada goda dendam yang masih melekat dalam diriku. Bantulah aku untuk menyingkirkannya. Amin.

Perutusan:

Aku akan menghapus dorongan dendam dan mengembangkan semangat pengampunan. -nasp-

Sumber : www.sesawi.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.