logo karangpanas

Gereja St. Athanasius Agung
Paroki Karangpanas

Jl. Dr. Wahidin 108 Semarang

Paroki KarangpanaS

Misa Online

Senin-Sabtu 05.30 WIB
Minggu 08.30 WIB

Puncta

Puncta hari ini
Membaca adalah jiwa

Berita Paroki

Berita paroki Karangpanas terbaru

Warta Paroki

Warta Paroki Terbaru
Klik disini

Video Komsos

Subscribe channel YouTube Komsos Karangpanas

Kolekte

Link donasi dan kolekte
Klik disini

gereja lama

narahubung

(024) 8312595

+62 812-1620-3348

WARTA PAROKI

PUNCTA

Puncta Sabtu, 25 Juli 2020

Selamat pagi ☕ “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.” <Mat 20:20-28>

Selengkapnya »

Puncta Kamis, 23 Juli 2020

Selamat pagi 🌻 “Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar

Selengkapnya »

Pertemuan Calon Penerima Komuni Pertama, Anak dan Orang Tua Diharapkan Siap dalam Menyambut Tubuh Kristus

Foto : Zita Komsos

Karang Panas, KOMSOS – Minggu (19/1) yang lalu merupakan awal baru calon penerima komuni pertama (cakomper) dan orang tuanya. Mereka mengikuti acara pembekalan, sebagai persiapan penerimaan komuni pertama pada tanggal 14 Juni 2020 mendatang tepat pada hari Tubuh dan Darah Kristus. Sebanyak 123 anak yang didampingi orang tuanya turut hadir dalam acara tersebut. Pembekalan dilakukan di dua tempat yaitu di aula St. Maria dan di aula St. Athanasius. Romo Graha Lisanta Pr tampak hadir dan memberi pengarahan tentang komuni. Sedangkan materi pembekalan disampaikan oleh Friska dan Prita.

Friska selaku penanggung jawab pada pembekalan cakomper mengatakan bahwa pembekalan ini bertujuan untuk persiapan bagaimana komuni pertama itu. Dinamika kelompok dan penjelasan detail juga dilakukan, seperti penjelasan penggunaan buku panduan misa yang harus dibawa setiap misa untuk dimintakan tanda tangan Romo agar para cakomper tidak hanya ikut misa tetapi tahu mengenai intisari bacaan dan khotbah Romo.

Ketua Timja Inisiasi, Prita mengatakan bahwa pembekalan untuk orang tua ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan anak-anak menyambut ekaristi yang pertama. “Orang tua berperan sebagai katekis yang utama dan pertama,” kata Prita. Ia pun mengatakan bahwa mengubah mindset dan menyiapkan rohani anak-anak seperti pengetahuan mengenai doa-doa, sikap ketika mengikuti misa di gereja, dsb. Peran orang tua yang utama dalam mendidik anak untuk sampai ke tahap komuni pertama. “Orang tua memiliki tantangan sendiri misalnya kesibukan, sehingga tidak sempat mengecek tugas anaknya,” tambahnya.

Antusias yang mengikuti acara juga banyak terutama untuk anak-anak. Harapan setelah pelaksanaan pembekalan ini, baik dari Friska maupun Prita, adalah peran orang tua yang lebih peduli dengan kebutuhan rohani anak, memahami tentang hukum gereja sehingga anak pada akhirnya punya kesadaran lebih bahwa mereka akan menerima tubuh Kristus pertama kalinya.

Salah satu orang tua cakomper, Gretha dari wilayah Karangrejo mengatakan kesannya terhadap acara yang telah diadakan sangat baik, harapannya yaitu lancar untuk proses yang dilakukan sehingga anak bisa menerima komuni di tanggal 14 Juni mendatang.

Ika Komsos