Breaking News

Arum Senang Ikut KPP

Pemberian Materi kepada 9 pasang calon pasutri pada KPP 20-22 Januari 2020 di Aula St. Athanasius. Foto : Wulan Komsos

Karangpanas, KOMSOS – “Seneng dapat ilmu untuk jenjang berikutnya, dalam sesi pertama kita dapat materi tentang cara menghadapi persiapan perkawinan, masalah rumah tangga, cara mengatur keuangan, kegiatan yang paling berkesan untuk saya adalah membuat surat cinta untuk pasangan karena sebelumnya belum pernah jadi kesannya lebih mendalam,” kata Arum. Arum bersama Antok calon pasangan hidupnya mengikuti Katekese Persiapan Perkawinan (KPP) di Aula Athanasius Senin, (20/1).

Arum-Antok adalah satu dari sembilan pasangan calon pengantin yang mengikuti KPP di Karangpanas yang diselenggarakan tiga hari, 20 s/d 22 Januari 2020.

Gereja Katolik mewajibkan pasangan yang hendak menikah secara katolik mengikuti KPP atau yang biasa disebut Ketekese Persiapan Perkawinan. Paroki Karangpanas menyediakan pelayanan KPP dua bulan sekali pada bulan gasal dalam setahun. Katekese Persiapan Perkawinan diadakan pada pukul 17.30 – 22.00 di aula Athanasius. Pada bulan gasal yang pertama di tahun pertama kepengurusan Timja 2020-2022, KPP dilaksanakan pada Senin-Rabu, 20–22 Januari 2020.

Tri Harsono selaku ketua Tim Kerja (Timja) KPP mengatakan bahwa KPP dilaksanakan dengan pemberian materi serta sharing mengenai hal-hal yang menyangkut perkawinan. Materi yang diberikan yang pertama adalah hukum gereja yang disampaikan oleh Romo paroki.

Sony Sudarmadi memberi materi dalam rekoleksi persiapan sakramen perkawinan yang diikuti calon pengantin bersama keluarganya di aula Maria, Sabtu (26/1) Foto : Unggul Komsos

“Materi selanjutnya seperti halnya ekonomi rumah tangga, cara menghadapi perkawinan, dan yang lainnya,” katanya. Tri Harsono juga mengatakan bahwa selain materi, yang terutama adalah sharing yang dilakukan oleh pasangan calon suami istri yang difasilitasi oleh Timja KPP dan tim dari Marriage Encouter (ME). Para fasilitator memberi pertanyaan standar agar pasangan calon yang hendak menikah bisa bercerita banyak mengenai permasalahan mereka hadapi. “Kami berikan saran solusi dan saran lain yang sesuai,”ujar Harsono.

Anggun Komsos

Comments are closed.

Scroll To Top