|

Renungan Kecik | Selasa, 08-02-2022

Renungan Kecik
Selasa, 08-02-2022

1 Raj 8:22-23.27-30
Dengarkanlah dari tempat kediaman-Mu di surga; dan apabila Engkau mendengarnya,
maka Engkau akan mengampuni.

Mrk 7:1-13
Kamu mengabaikan perintah Allah
untuk berpegang pada adat istiadat manusia.
~~
Tidak ada yg salah dengan kebiasaan orang Yahudi:
membasuh tangan sebelum makan, mencuci alat makan dan berbagai peralatan dsb. Bahkan kebiasaan tsb sekarang relevan dengan situasi pandemi ini di mana kita juga menerapkan 3M bahkan 5M :
> Mencuci tangan sesering mungkin plus handsanitizer
> Memakai masker
[Romo saat misa juga].
> Menjaga jarak
> Menghindari kerumunan
> Mengurangi bepergian
Kebiasaan baik demikian menjadi salah dan keliru ketika sudah mulai digunakan untuk melawan nilai kemanusiaan yang berarti melawan perintah Allah sendiri. Misalnya menghakimi sesama sebagai orang yang najis dan berdosa. Bahkan juga mengenyahkan rasa hormat dan belaskasih seperti yg dilakukan oleh orang Farisi yg dengan dalih persembahan mereka tega menelantarkan orangtuanya,

“Kalau seorang berkata kepada bapa atau ibunya: “Apa yang ada padaku, yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk kurban, yaitu persembahan kepada Allah,’maka kamu membiarkan dia untuk tidak lagi berbuat sesuatu pun bagi bapa atau ibunya. Dengan demikian sabda Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Kamu munafik.”
~~
Doa:
Tuhan Engkau menghendaki ketulusan dan kemurahan hati. Berbelas kasihanlah kepada kami yg kadangkala masih mengutamakan “kulit” daripada “isi”, yg kadangkala masih mengutamakan gengsi daripada cintakasih.
Ajari kami untuk mengasihi seperti Engkau mengasihi kami. Amin

Shalom
Salam seroja.

Similar Posts